Wajah Baru Museum Kita

Wajah Baru Museum Kita

220px-Yani_Home

Bagi sebagian orang museum adalah tempat yang mencerminkan keseriusan dan tidak menyenangkan, namun ada pula orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

Setelah pemerintah mempromosikan Visit Museum 2010, banyak orang yang berminat untuk mengunjunginya. Khususnya di Jakarta, pada akhir pekan banyak keluarga yang memilih museum sebagai tempat rekreasi alternatif. Museum berfungsi ganda, tempat wisata dan edukatif.

Setiap museum memiliki keunikan tersendiri dan beberapa diantaranya berhubungan dengan peristiwa sejarah atau bahkan pusat informasi tentang suatu benda. Sebagai contoh beberapa museum yang berkaitan dengan peristiwa Sejarah 1 Oktober 1965 adalah Monumen Pancasila Sakti, Sasmitaloka Ahmad Yani dan Museum A.H.Nasution. Adapula jenis museum yang menjelaskan benda dengan fokus, yakni Museum Tekstil dan Museum Wayang.

Museum kini semakin berbenah diri. Museum Tekstil misalnya, seringkali menggelar workshop pembuatan batik, dimana pengunjung bisa membuat sendiri batik kreasinya. Adapula museum yang bisa digunakan untuk kepentingan fotografi, misalnya mengadakan Pre wedding di Museum Taman Prasasti.Seiring waktu citra museum dimata masyarakat mulai berubah.
Museum yang dulu dianggap sebagai pilihan rekreasi yang membosankan, kini masyarakat menjadikan museum sebagai sahabat keluarga.
Museum muncul sebagai alternatif liburan dengan menawarkan biaya yang tidak terlampau banyak, informasi yang penting dan tempat mengabadikan moment dalam siklus kehidupan.

Be Sociable, Share!